Metode Pelaksanaan Kusen Aluminium - SARANA MANDIRI PERKASA
  • Call / Whatsapp085777383077
  • Email : bisnis@saranakontraktor.com

Metode Pelaksanaan Pekerjaan Kusen Aluminium pada Proyek Konstruksi

Sarana Mandiri Perkasa – “Metode Pelaksanaan Pekerjaan Kusen Aluminium pada Proyek Konstruksi” Untuk Alumunium menggunakan alumunium warna standar Dalam Negeri. Rangka Daun Jendela dan Jendela Kaca, untuk semua type, terbuat dari alumunium warna standar dalam negeri. Rangka Daun pintu terbuat dari alumunium warna dengan kualitas baik. Lingkup pekerjaan Termasuk dalam pekerjaan ini adalah penyediaan tenaga kerja, bahan-bahan yang diperlukan, peralatan termasuk alat-alat bantu dan pengangkutan yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan ini sehingga dapat dicapai hasil pekerjaan yang maksimal. Pekerjaan ini meliputi :

 

  • Kusen Pintu dan jendela alumunium .
  • Daun Pintu Panel dan Jendela Kaca Rangka Alumunium.

 

Pekerjaan pembuatan / penyetelan dan pemasangan kusen alumunium beserta kaca harus dilaksanakan oleh Kontraktor Alumunium yang ahli dalam bidangnya dan disetujui pengawas lapangan. Untuk mendapat ukuran yang tepat, Kontraktor Alumunium harus datang ke lapangan dan melakukan pengukuran. Untuk mendapatkan hasil yang baik, pembuatan/penyetelan kusen alumunium harus dilakukan di Pabrik secara maksimal dan dilapangan tinggal pasang. Antara tembok/ kolom/ beton dan kusen alumunium harus diisi dengan “sealant” yang elastis.

 

Bahan – Bahan

 

Kaca harus standard dari pabrik yang disetujui dan yang tebalnya seperti disebutkan dalam gambar, kaca harus plat, rata dan jernih dan tidak ada bintik-bintik/noda-noda lainnya.

 

  1. Kaca untuk interior dan exterior yaitu :
  2. Kaca Polos 5 mm untuk jendela rangka, jendela mati.

Pemasangan kaca pada kusen alumunium :

 

Pemasangan kaca harus betul-betul dijamin kerapiannya/kekuataannya. Untuk menghindari kaca pecah akibat panas (memuai) pemasangannya harus menggunakan seal karet sesuai dengan prosedure pemasangan kusen/kaca dari pabrik .

 

 

 

Membersihkan dan memperbaiki

 

Semua kaca yang selesai dipasang harus diberi tanda silang dengan kertas ditempel dengan lem hal tersebut dimaksud untuk menghindari benturan-benturan akibat salah masuk. Setelah selesai dipasang dan akan diserahkan yang ke I, kaca harus dibersihkan, yang retak / pecah atau gores-gores harus diganti dengan yang baru.

 

Pekerjaan Pelaksanaan

 

Pekerjaan kaca dilaksanakan setelah pekerjaan langit- langit, lantai, penyelesaian dinding selesai dikerjakan. Pemotongan kaca harus teliti dan sesuai dengan ukuran sehingga dalam pemasangan tanpa ada paksaan. Seluruh pemasangan kaca digunakan silicone sealant dari jenis yang terbaik.

 

  • Pemasangan dilakukan sedemikian rupa sehingga pertemuan antara masing- masing ujung rapat, tidak ada celah samasekali.
  • Pemotongan kaca harus sesuai dengan ukuran rangka, minimal 10 mm masuk ke dalam alur kaca pada kusen.
  • Kaca yang di dalam pemasangannya mengalami retak, tergores dan cacat lainnya harus diganti atas biaya Kontraktor. Sealant yang digunakan sesuai dengan pasal yang mengatur pekerjaan ini.
  • Setelah kaca selesai terpasang, tidak diperkenankan memberi tanda-tanda dengan menggunakan kapur apalagi cat. Tanda-tanda harus dibuat dari potongan kertas yang direkatkan dengan lem kertas. Pembersihan akhir dari kaca harus menggunakan kain katun lunak dengan cairan pembersih kaca.

 

Pekerjaan Silicone Sealant

 

Meliputi pengadaan bahan, tenaga kerja, peralatan dan lain sebagainya, untuk pekerjaan silicone sealant secara lengkap, terpasang sempurna sesuai RKS. Pekerjaan yang harus mendapat perlakuan silicone sealant :

 

  • Setiap hubungan antara kaca dengan alumunium
  • Setiap hubungan antara alumunium dengan dinding beton
  • Setiap hubungan antara kaca dengan kaca
  • Setiap delatasi (hubungan antara lantai beton dengan lantai betonlainnya)
  • Dan tempat-tempat lain sesuai gambar.

 

 

 

 

 

 

Semoga Informasinya Bermanfaat ya Mitra Sarana Mandiri Perkasa, jangan Lupa Untuk Kunjungi Artikel Kami lainnya dengan klik disini, terima kasih !

PROTOFOLIO SARANA MANDIRI PERKASA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *