Media Tanam Terbaik - SARANA MANDIRI PERKASA
  • Call / Whatsapp085777383077
  • Email : bisnis@saranakontraktor.com

Media Tanam Terbaik Untuk Tanaman Hias, Apa Saja ?

Sarana Mandiri Perkasa – Media Tanam Terbaik


Sejak dahulu, merawat tanaman hias menjadi salah satu aktivitas yang dilakukan oleh para penggemar tanaman hias baik untuk tanaman pot ataupun di perkarangan rumah, puncaknya terjadi pada saat covid 2020-2021 kemarin. Sebab, masyarakat diimbau untuk lebih banyak beraktivitas di rumah demi menekan penyebaran virus. Salah satu unsur utama agar tanaman hias kita dapat tumbuh dengan sehat dan segar adalah dengan ditanam di media tanam yang tepat. 

Nah mitra Sarana Mandiri Perkasa, Berikut ini adalah pilihan media tanam terbaik yang dapat anda aplikasikan pada koleksi tanaman hias anda dirumah.

 

1. MEDIA PASIR MALANG

Pasir malang memiliki karakteristik yang sangat berpori sehingga tidak dapat menahan air dalam waktu lama, sangat cocok digunakan didaerah daratan rendah yang panas karena membutuhkan tingkat media porositas yang tinggi. Oleh karena itu, area tanam bisa terjaga lebih bersih dan tanah tidak berceceran karena tanah yang becek. Namun, saat digunakan sebagai media tanam untuk tanaman hias di bulan kemarau, sebaiknya media pasir malang lebih sering disiram, dan juga pasir malang memiliki unsur hara yang netral atau hampir tidak ada, jadi kita dapat mengatur pemupukan nya dengan lebih tepat sesuai takaran. 

 

2. MEDIA TANAH SUBUR

Tanah subur mengandung zat mineral, zat hara dan jasad renik yang sangat berguna untuk pertumbuhan tanaman. Adapun tanah subur yang banyak digunakan oleh petani bunga kebanyakan berasal dari daerah pegunungan, karena tanah yang berasal dari gunung memiliki tekstur gembur, sehingga memudahkan akar tanaman bernapas.

3. MEDIA SEKAM BAKAR

Sekam bakar merupakan limbah padi yang telah banyak digunakan oleh petani tanaman hias sebagai media tanam dan merupakan salah satu media tanam yang sangat cocok untuk berbagai jenis tanaman hias maupun bibit bunga. Sekam hitam dapat berfungsi untuk memperbaiki struktur fisik, kimia dan biologi di dalam tanah yang sebagiannya mengenal dengan sebutan arang sekam. Media tanam ini mampu memiliki dan meningkatkan porositas tanah sehingga tanah menjadi gembur dan mampu menyerap nutrisi dengan baik. Karena sekam bakar memiliki pourositas tinggi, maka cocok digunakan sebagai media tanam tanaman bunga dan tanaman hias daun.

4. MEDIA SEKAM MENTAH


Sekam padi mentah merupakan lapisan keras yang meliputi kariopsis yang terdiri dari dua belahan yang disebut lemma dan palea yang saling bertautan. Pada proses penggilingan beras sekam akan terpisah dari butir beras dan menjadi bahan sisa atau limbah penggilingan. Komposisi kimiawi yang terdapat pada sekam padi antara lain kadar air, protein kasar, lemak, serat kasar, abu, karbohidrat dasar, hidrogen, oksigen, dan silika.

5. MEDIA PUPUK KANDANG


Pupuk kandang yang banyak digunakan untuk tanaman pot adalah pupuk kandang yang berasal dari kotoran kambing. Namun, kebanyakan petani yang menggunakan media tanam tersebut akan menunggu kotoran hingga kering. Sebab, media tanam pupuk kandang mengandung unsur nitrogen tinggi. Apabila langsung digunakan sangat berisiko membuat tanaman menjadi kering. Pupuk kandang yang sudah kering atau matang biasanya berwarna coklat dengan tekstur yang sangat keras. Biasanya media tanam pupuk kandang yang akan digunakan sebanyak 20 persen pada pot, sangat berguna untuk menumbuhkan daun dan percabangan.

6. MEDIA TANAM PREMIUM (KEMASAN)

Memiliki harga yang relatif lebih mahal dari media tanam lain nya karena merupakan media tanam olahan fermentasi yang diproses selama sekitar 1 bulan sampai benar-benar siap dijual. Produk ini terdiri dari komposisi sekam, pakis, kotoran hewan, dan daun bambu fermentasi, sekam bakar, pasir malang, cocopeat, humus, pumice, perlite, serta kapur dolomit. Biasanya media tanam premium tidak memiliki masa kadaularsa, sehingga tidak akan berjamur meski disimpan dalam waktu yang lama.

 

 

Jadi mitra Sarana Mandiri Perkasa, Media tanam memegang peranan yang sangat penting dalam pertumbuhan tanaman. Oleh karena itu, diperlukan media tanam terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan karakter tanaman. Pada artikel ini sudah dibahas mengenai cara memilih dan rekomendasi media tanam terbaik, serta cara untuk membuat media tanam sendiri.

Terima kasih !!

 

Sumber : Arikel 

Semoga Informasinya Bermanfaat ya Mitra Sarana Mandiri Perkasa, jangan Lupa Untuk Kunjungi Artikel Kami lainnya dengan klik disini, terima kasih !

PROTOFOLIO SARANA MANDIRI PERKASA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *